Minggu, 02 November 2008

uraian

PADANG RUMPUT

  1. Pengertian Padang Rumput

Padang rumput merupakan lapangan yang dipenuhi oleh rumput dan tanaman tak berkayu. Dipotong untuk jerami atau dimakan oleh ternak, domba atau kambing. Padang rumput abadi adalah salah satu faktor lingkungan yang melarang pertumbuhan tanaman berkayu. Ciri-ciri padang rumput :

  1. Curah hujan antara 25 - 50 cm/tahun, di beberapa daerah padang rumput curah hajannya dapat mencapai 100 cm/tahun.
  2. Curah hujan yang relatif rendah turun secara tidak teratur.
  3. Turunnya hujan yang tidak teratur tersebut menyebabkan porositas dan drainase kurang baik sehingga tumbuh-tumbuhan sukar mengambil air.
  1. Siklus pertumbuhan padang rumput.

Di beberapa bagian daerah subtropis, seperti di Northeast, rumput biasanya mulai tumbuh di bulan April dimana suhu tanah dan panjang hari bertambah menyebabkan pertumbuhan rumput pun meningkat dan mencapai puncaknya pada akhir Mei atau awal Juni. Dari sana, pertumbuhan rumput mulai melambat sampai pada akhir Agustus atau awal September dimana hujan mulai turun dan suhu yang relatif lebih dingin kembali memacu pertumbuhan. Namun keadaan ini di ikuti kembali oleh penurunan pertumbuhan secara gradual sampai tanaman menjadi dormant (tidur panjang) di musim salju. Seperti juga rumput, keluarga legume (clover, alfalfa) secara umum mengalami terlambat tumbuh, baru pada akhir musim semi jenis legume ini mulai menampakkan tunas dan daun hijaunya, sepanjang musim panas, legume dapat bertahan baru kemudian berhenti tumbuh bahkan mati pada awal musim gugur. Kebanyakan rumput dan legume tumbuh pada tingkat pH diatas 6.0.

  1. Jenis-jenis padang rumput.

a. Padang Rumput Tropis (Sabana)

Sabana terjadi karena curah hujan rendah antara 50 – 130 cm pertahun yang hanya turun pada bulan-bulan tertentu.Wilayah sabana di dunia : Afrika (terluas), Australia, Amerika Selatan, sebagian India, juga Indonesia. Walaupun sabana daerah yang kering namun di beberapa tempat dilalui oleh sungai-sungai besar, bahkan juga terdapat genangan air berupa rawa-rawa. Flora daerah sabana Afrika yaitu : rumput gajah, rumput bermuda, baobab, akasia, eboni, cadelabra. Fauna sabana Australia : ekaliptus, kasuarina, palm botol, rumput perdu. Sabana Amerika Selatan : fern, bromelia, pentamierista. Wilayah ini sangat kaya akan fauna, namun masing-msing wilayah juga berbeda. Fauna sabana Australia : kanguru, koala, goana, dingo dan landak. Fauna sabana Amerika Selatan :semut, serigala, beberapa jenis burung, dan reptil. Fauna sabana di Afrika : gajah, jerapah, , cheetah, rusa, antilop, gazzele, zebra, badak, singa, hyena, wildebis, gnu, burung unta, burung nazar, elang, dan babi rusa, di dekat rawa ada :kuda nil dan buaya.

b. Padang rumput iklim sedang

Pada daerah tertetentu seperti di Uni Sovyet wilayah ini hanya benar-benar ditumbuhi rumput yang disebut steppa , di Afrika Selatan disebut veld, di Amerika disebut prairie , di Amerika Selatan disebut pampa sedangkan di Hongaria disebut putza. Flora yang tumbuh hanya padang rumput dan ilalang, sedangkan faunanya : kelinci, rusa, burung hantu, dan ular. Fauna khusus di Amerika Utara adalah bison.

Tidak ada komentar: